Rabu, 03 Maret 2010

Kodam VI/Tanjungpura

Komando Daerah Militer VI/Tanjungpura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari
Lambang Kodam VI/Tanjungpura

Kodam VI/Tanjungpura merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Kodam ini merupakan gabungan dari 4 kodam sebelumnya yang berada di masing-masing provinsi di Kalimantan. Pangdam VI/Tanjungpura yang sekarang menjabat adalah Mayor Jenderal TNI Suhartono Suratman. Ia dilantik pada Januari 2008 menggantikan Mayor Jenderal TNI GR Situmeang.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Sejarah

[sunting] 1949

Komando Daerah Militer ini berasal dari Angkatan Laut RI Divisi IV/Pertahanan Kalimantan yang terbentuk pada tanggal 4 Oktober 1949, berkedudukan di Kandangan, Kalimantan Selatan. Oleh Pemerintah RI, ALRI Divisi IV ini ditetapkan menjadi Satuan Angkatan Darat dengan nama Divisi Lambung Mangkurat dengan wilayah seluruh Kalimantan. Terhitung 5 Januari 1950, Divisi Lambung Mangkurat ditetapkan menjadi Teritorium Kalimantan yang membawahi Sub Teritorium, yang kemudian di likuidasi menjadi tiga brigade operasi, yaitu Sub Ter I menjadi Brigade G, Sub Ter II menjadi Brigade F dan Sub Ter III menjadi Brigade E.

[sunting] 1959

Guna pengendalian pola operasi dan pembinaan, pada tanggal 20 Juli 1959, KASAD waktu itu Kolonel AH Nasution meresmikan berdirinya Komando Tentara Teritorium VI Tanjungpura berkedudukan di Banjarmasin, yang kemudian dijadikan tonggak sejarah hari jadinya.

[sunting] 1968

Karena alasan sangat luasnya territorial, pada 29 Maret 1968, dibentuk Komando Antar Daerah Kalimantan (Koandakal) bermarkas di Banjarmasin, sekaligus menghapus TT-VI Tanjungpura beserta jajarannya.

[sunting] 1970-an

Awal 1970-an, Koandakal dihapus da diubah menjadi Komando Wilayah Pertahanan (Kowilhan) III/Kalimantan. Seiring penyempurnaan Kowilhan pada tahun 1974, Kowilhan III/Kalimantan masuk dalam Kowilhan III/Sulawesi-Kalimantan.

[sunting] 1984

Pada tanggal 3 Desember 1984, ketika terjadi reorganisasi dari 16 Kodam menjadi 10 Kodam maka tiga Kodam yang ada di wilayah Kalimantan direorganisasi menjadi satu Kodam. Untuk itu, pada Mei 1985 secara resmi Kodam VI/Tanjungpura berdiri dan markasnya yang semula di Kota Banjarmasin pindah ke Kota Balikpapan.[1]

[sunting] Kodam sebelumnya

Sebelumnya di Kalimantan terdapat 4 Kodam yang masing-masing memiliki wilayah teritorial di tiap provinsi di Kalimantan, walaupun kemudian Kodam-kodam tersebut digabung pada tanggal 3 Desember 1984. Kodam-kodam tersebut diantaranya adalah:

  1. Kodam IX/Tanjungpura untuk wilayah Kalimantan Barat
  2. Kodam X/Lambung Mangkurat untuk wilayah Kalimantan Selatan
  3. Kodam XI/Mulawarman untuk wilayah Kalimantan Timur
  4. Kodam XII/Tambun Bungai untuk wilayah Kalimantan Tengah

[sunting] Daftar Panglima

[sunting] Tingkat Komando Satuan Pelaksana Kodam

[sunting] Korem 091/Aji Surya Natakesuma

Sering disingkat Korem 091/ASN, Korem ini bermarkas komando di Kota Samarinda, dan wilayah teritorial mencakup Kalimantan Timur.[2]

Memiliki pasukan diantaranya adalah:

  1. Yonif 611/Awang Long di Kota Samarinda
  2. Yonif 613/Raja Alam di Kota Tarakan

Sedangkan Kodim yang berada di bawah komando adalah:

  • Kodim 0901/Samarinda
  • Kodim 0902/Tanjung Redeb
  • Kodim 0903/Tanjung Selor
  • Kodim 0904/Tanah Grogot
  • Kodim 0905/Balikpapan
  • Kodim 0906/Tenggarong
  • Kodim 0907/Tarakan
  • Kodim 0908/Bontang
  • Kodim 0909/Sangatta
  • Kodim 0910/Malinau
  • Kodim 0911/Nunukan

[sunting] Korem 101/Antasari

Sering disingkat Korem 101/ANT yang berdiri pada tanggal 20 Desember 1961. Korem ini bermarkas komando di Kota Banjarmasin, dan wilayah teritorial mencakup Kalimantan Selatan. Memiliki pasukan:

  1. Yonif 621/Manuntung di Kandangan, Kalimantan Selatan
  2. Yonif 623/Bhakti Wira Utama di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Sedangkan Kodim yang berada di bawah komando adalah:

[sunting] Korem 102/Panju Panjung

Sering disingkat Korem 102/PJG, Korem ini bermarkas komando di Kota Palangkaraya, dan mencakup wilayah Kalimantan Tengah. Pasukan yang dimiliki adalah Yonif 631/Antang Elang yang bermarkas di Kota Palangka Raya.

Sedangkan Kodim yang berada di bawah komando adalah:

[sunting] Korem 121/Alambhana Wanawai

Sering disingkat Korem 121/ABW yang berdiri pada tanggal 17 Juli 1962. Korem ini bermarkas komando di Kota Pontianak dan mencakup wilayah Kalimantan Barat. Pasukan yang dimiliki adalah Yonif 643/Wanara Sakti yang bermarkas di Kota Pontianak.

Sedangkan Kodim yang berada di bawah komando adalah:

[sunting] Satuan-satuan lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar